Profil dan Biodata Djoemala Foto Terbaru Lengkap

Profil dan Biodata Djoemala Foto Terbaru Lengkap - Berikut ini akan membahas seputar biodata artis indonesia yaitu Biodata Lengkap Djoemala profil lengkap dengan agama yang meliputi kehidupan pribadi karir, pendidikan serta akun twitter dan akun Instagram foto foto yang terbaru dan terlengkap. Tidak ketinggalan juga profil artis indonesia pemain film sinetron, model iklan, penyanyi, aktris dan artis indonesia lengkap.

Biodata Lengkap Djoemala (kiri) dan calon kekasihnya, Roekiah, di Roekihati (1941)

Djoemala (juga disebut Rd. Djoemala; 1915/1918–?) adalah aktor Indonesia yang aktif tahun 1940-an. Di beberapa film, ia sering dipasangkan dengan Roekiah sebagai calon kekasihnya.

Daftar isi

* Biografi
* Filmografi
* Referensi
* Kutipan
*
"Raden" Djoemala, ia bukan keturunan priyayi. Ia juga tidak lama mengenyam pendidikan.

Sebagai penjahit, Djoemala adalah pemilik Broadway Store di Jalan Kramat Raya.[3] Tahun 1940, ia didekati Tan's Film dan dilibatkan dalam film baru mereka, Sorga Ka Toedjoe. Ia menjadi lawan main Roekiah, yang rekan lamanya, Rd. Mochtar, baru saja keluar akibat permasalahan gaji. Djoemala dipilih karena penampilannya yang bagus dan posturnya yang tinggi. Di film ini, Djoemala memerankan Hoesin, yang bertemu Hadidjah (Annie Landouw) dan Kasimin (Kartolo, suami Roekiah) yang sudah lama berpisah dengan tujuan melamar Rasmina (Roekiah). Film ini sukses di pasaran. Salah satu kritikus berpendapat Djoemala setidaknya sama bagusnya dengan Mochtar.

Film selanjutnya yang diperankan keduanya, Roekihati, melibatkan Djoemala sebagai penduduk kota bernama Mansoer yang jatuh cinta dengan gadis desa bernama Roekihati (Roekiah) tetapi hampir dipaksa menikahi wanita lain. Pada tahun 1941, Djoemala dan Roekiah terlibat dalam dua film yang lain, Poesaka Terpendam dan Koeda Sembrani. Meski film-film tersebut lumayan sukses dari segi kritik, pemasangan Djoemala dan Roekiah gagal menarik penonton sebanyak Mochtar dan Roekiah. Biran menulis bahwa nyanyian Roekiah dan tampilan komedik Kartolo menjadi tumpuan Tan's selama periode ini.

Pasca pendudukan Jepang di Hindia Belanda bulan Februari 1942, Tan's ditutup. Djoemala kabarnya tidak akting lagi di film-film lain dan kembali bekerja sebagai penjahit.

Profil dan Biodata Djoemala Foto Terbaru Lengkap

Filmografi



* Sorga Ka Toedjoe (1940)
* Roekihati (1940)
* Poesaka Terpendam (1941)
* Koeda Sembrani"Rd Djoemala". filmindonesia.or.id. Jakarta: Konfidan Foundation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 July 2013. Diakses tanggal 2 July 2013. 
* "Sampoerna: Sorga ka Toedjoe (In den zevenden hemel)" [Sampoerna: Sorga ka Toedjoe (Seventh Heaven)]. Soerabaijasch Handelsblad (dalam Dutch) (Surabaya: Kolff & Co.). 30 October 1940. p. 6. Diakses tanggal 11 June 2013. 
* "Roekihati". filmindonesia.or.id. Jakarta: Konfidan Foundation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 July 2012. Diakses tanggal 25 July 2012. 

Profil dan Biodata Djoemala Foto Terbaru Lengkap

Profil dan Biodata Djoemala Foto Terbaru Lengkap

Profil dan Biodata Djoemala Foto Terbaru Lengkap